Cara Mengatasi Error ( E4 / E16 ) Pada Printer Canon


Cara Mengatasi Error  ( E4 / E16 ) Pada Printer Canon



Disini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara untuk mengatasi Error E4 / E16 Pada printer Canon.



Untuk Printer yang satu ini, Error E4 dan Error E16 termasuk dalam kategori permasalahan yang sangat mudah dan semua bisa mengatasinya sendiri tanpa harus membawa kepada teknisinya.
Disini Saya akan menjelaskan dari tahap pertama, bagaimana sih supaya kita mengetahui kalau printer sedang dalam kondisi error dan codenya berapa.

Misalkan printer Canon Anda yang berjeniskan Satu fungsi, anda hanya cukup dengan menghitung berapa banyaknya kedipan lampu yang berwarna orange ( lampu resum yang terletak disamping power / dibawah power ). Akan tetapi bagi Anda yang printernya berjeniskan banyak fungsi, Anda tidak perlu repot2 menghitung,cukup dengan melihat petunjuk dari tampilan LCD printer Anda. Biasanya kode itu akan tampil dengan satu persatu,
misalnya : printer Canon Pixma MP145, pada LCD akan menunjukkan kode errornya berupa huruf E kemudian di ikuti dengan angka semisal 5 yang  bermakna / bertanda  Cartridge sedang dalam keadaan bermasalah.

Cara Mengatasi Error  ( E4 / E16 ) Pada Printer Canon


Untuk kali ini kita  hanya membahas tentang error yang berkode E4 dan E16 dan cara mengatasinya .

Kode Error E4 dan E16 yang bermakna  seakan-akan tinta dicartridge sudah abis,biasanya akan muncul sebuah gambar dilayar monitor PC/Laptop Anda sebagaimana salah satu cartridge dalam kondisi terlepas dengan tempat dudukan Cartridge (Cartridge unik).

Biasanya Printer Canon hanya mendeteksi tinta originalnya saja, jadi jbegitu Anda  melakukan isi ulang pada cartridge tersebut,itu berarti printer Anda telah dimodifikasi,tapi anda gak usah khawatir itu bukan jadi masalah,anda abaikan saja....
Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah kalu emang diprinter anda nanti keluar kode Error E4 / E16 Anda cukup menekan tombol STOP/RESET saja.
Cara Anda menekannya yaitu,tekan tombol STOP/RESET nya lalu dipendam selama 5 detik atau lebih,setelah dilepaskan,seandainya gak bisa,bole Anda coba beberapa kali..........
insya ALLAH pasti bisa..

Sekian Terima Kasih.
Semoga Bermanfaat Anda............

Cara Mengatasi Error  ( E4 / E16 ) Pada Printer Canon


5 Responses to "Cara Mengatasi Error ( E4 / E16 ) Pada Printer Canon"